Langsung ke konten utama

Pengenalan Android

Android

Apakah Sobat ZBdroids sudah tau apa itu Android… ??? pasti sobat ZBdroids belum tau ..hehehe..!!! Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux, yang mencakup sistem operasi, middleware dan aplikasi (Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android, 2011:hal 1). Perlu Sobat ZBdroids ketahui Android ternyata tidak terikat ke satu merek Handphone manapun lho..!!!, beberapa merek HP terkenal yang sudah memakai Android antara lain Samsung , Sony Ericsson, HTC, Nexus, Motorolla, dan lain-lain. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang sehingga mereka dapat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti mobile. Beberapa fitur utama dari Android antara lain WiFi hotspot, Multi-touch, Multitasking, GPS, support java, mendukung banyak jaringan (GSM/EDGE, IDEN, CDMA, EV-DO, UMTS, Bluetooth, Wi-Fi, LTE, and WiMAX) dan juga kemampuan dasar handphone pada umumnya.

Android SDK (Software Development Kit)

Android SDK adalah tools API (Aplication Programming Interface) yang diperlukan untuk mengembangkan aplikasi pada platform Android menggunakan bahasa pemrograman Java. Sebagai platform aplikasi netral, Android memberi kesempatan bagi semua orang untuk membuat aplikasi yang dibutuhkan, yang bukan merupakan aplikasi bawaan Handphone/Smartphone (Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android, 2011:hal 5). Beberapa fitur-fitur Android yang paling penting adalah:

  1. Mesin Virtual Dalvik yang dioptimalkan untuk perangkat mobile.
  2. Integrated browser berdasarkan engine open source WebKit.
  3. Grafis yang dioptimalkan dan didukung oleh libraries grafis 2D, grafis 3 berdasarkan spesifikasi opengl ES 1.0 (Opsional akselerasi perangkat keras).
  4. SQLite untuk penyimpanan data (database).
  5. Media yang mendukung audio, video, dan gambar.
  6. Bluetooth, EDGE, 3G dan WiFi.
  7. Kamera, GPS, dan kompas.
  8. Lingkungan Development yang lengkap dan kaya termasuk perangkat emulator,     tools untuk debugging, profil dan kinerja memori, dan plugin untuk IDE Eclipse.

AVD (Android Virtual Device)

Android Virtual Device merupakan emulator untuk menjalankan aplikasi android. Sobat ZBdroids juga dapat mengunduhnya di (http://developer.android.com/guide/developing/devices/index.html). Setiap AVD terdiri dari:

  • Sebuah profil perangkat keras yang dapat mengatur pilihan untuk menentukan fitur hardware emulator. Misalnya, menentukan apakah menggunakan perangkat             kamera, apakah menggunakan keyboard QWERTY fisik atau tidak, berapa banyak memori internal, dan lain-lain.
  • Sebuah pemetaan versi Android, maksudnya kita menentukan versi dari platform   Android akan berjalan pada emulator.
  • Pilihan lainnya, misalnya menentukan skin yang kita ingin gunakan pada emulator,   yang memungkinkan untuk menentukan dimensi layar, tampilan, dan sebagainya.     Kita juga dapat menentukan SD Card virtual untuk digunakan dengan di emulator.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Game Quiz

TAMPILAN GAME QUIZ Cara Kerja : Sobat tinggal menjawab pertanyaan yang sudah disediakan. Jika benar maka nilai sobat 100 dan jika kalah nilai sobat akan jadi 0....mengasikkan bukan...hehehe!!! Berikut tutorialnya, silakan di   download .  

Tutorial Aplikasi Paintpot

TAMPILAN APLIKASI PAINTPOT Cara Kerja : Ini adalah aplikasi untuk edit gambar kayak paint yang ada di accessoris windows, jadi sobat bisa menggambar sesuka hati. Berikut tutorialnya, silakan di   download .

Tutorial Aplikasi Xylophone

TAMPILAN APLIKASI XYLOPHONE Cara Kerja : aplikasi ini seperti mainan xylophone pada umumnya tapi ini versi electronicnya.Jika sobat menekan salah satu not yang ada di layar maka akan muncul suara...menarikkan...hehehe...!!! Berikut tutorialnya, silakan di  download .